Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh
yang signifikan penerapan strategi The Learning Cell terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 57
Medan.Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif.Dari hasil penelitian ini yang menjadi nilai rata-rata pre test pada kelas VII
sebelum menggunakan model pembelajaran the learning cell dalam proses pembelajaran
diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,23 dengan standar deviasi 9,18 dan nilai yang di
peroleh minimal 50 dan maksimal 80.Dari hasil penelitian di dapat nilai rata-rata pos
test pada kelas VII setelah digunakan model pembelajaran the learning cell didalam
proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 75,16 dengan standar deviasi 8,35 dan
nilai yang diperoleh minimal 50 dan maksimal 85.Berdasarkan perhitungan uji
hhipotesis diperoleh thitung = 2,855 pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05 dan dan ttabel =1,699.
Dengan demikian thitung> ttabel (2,855 > 1,699). Sehingga hipotesis yang diterima adalah
Ha yang menyatakan ada pengaruh Model Pembelajaran the learning cell terhadap hasil
belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019.