dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan
membaca alquran siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Program
pelatihan Tilawatil Quran bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
program Tilawatil Quran terhadap kemampuan membaca alquran siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif eksperimen. Metode
penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan
untuk mencari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu terhadap yang
lain dalam kondisi yang terkendalikan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh program
pelatihan Tilawatil Quran terhadap kemampuan membaca alquran siswa kelas
VIII di SMP Muhammadiyah 4 Medan sangat terpengaruh, ini dibuktikan dari
hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product
moment pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,596 lebih besar dari
rtabel baik itu taraf signifikan 5% dan 1% (0,355 dan 0,456) dengan formulasi
perbandingan yaitu (0,596 ≥ 0,355 dan 0,456). Maka dapat disimpulkan bahwa
“terdapat pengaruh positif” antara program pelatihan Tilawatil Quran terhadap
kemampuan membaca alquran siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Medan. |
en_US |