dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca
Alquran siswa di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Implementasi Program Tuntas
Baca Quran bertujuan untuk mengetahui program, pelaksanaan, evaluasi serta
faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Tuntas Baca Quran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deksriptif yakni kegiatan yang
mencari kebenaran dari suatu objek yang dilakukan dalam kondisi ilmiah. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi, wawancara
(interview) serta dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian ini berupa
Reduksi data, Penyajian Data, Verifikasi Data. Hasil penelitian ini terdiri dari
empat tahapan yaitu program, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung dan
penghambat program tuntas baca quran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa implementasi tuntasbBaca quran di SMP muhammadiyah 4 medan cukup
baik. Dalam kaitannya dengan Tuntas Baca Quran terhadap peserta didik serta
peran Kepala sekolah dan Guru Tuntas Baca Quran dapat memberikan
kontribusi yang besar dalam rangka untuk meningkatkan prestasi peserta didik
dalam hal membaca Al-Qur’an dengan tartil maupun dengan lagu tilawah serta
mengkualitaskan bacaan Al-Quran mereka sesuai kaidah tajwid. |
en_US |