dc.description.abstract |
Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan,
meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap dan mengokohkan kepribadian.
Dalam konteks menjadi tahu atau proses memperoleh pengetahuan. Berdasarkan
wawancara di MTs Al-Washliyah DC Desa Serang Jaya pada proses pembelajaran
Akidah Akhlak diketahui bahwa guru belum menggunakan model pembelajaran yang
bervariasi seperti Quiz Team. Model pembelajaran Quiz Team merupakan salah satu
pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab belajar peserta didik
dalam suasana yang menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Quiz
Team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Kelas Kontrol sebanyak 25 siswa kelas VIIIA dan Kelas Eksperimen
sebanyak 25 siswa kelas VIIIB
. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari perhitungan uji hipotesis yang menggunakan
uji-t diperoleh dengan thitung = 6,60 > ttabel = 2,07 dan apabila thitung lebih besar
dibanding ttabel oleh karena itu, Hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Quiz Team memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Al-Washliyah DC Desa Serang Jaya. |
en_US |