Abstract:
Pnggunaan strategi pembelajaran problem based instruction ialah suatu cara
mengajar yang penyajian topik atau materi dikembangkan berdasarkan pemikiran
induktif yaitu berjalan dari yang konkret ke abstrak, dari yang khusus ke yang
umum dan dari contoh-contoh menuju ke kesimpulan. Pendektatan melalui
strategi problem based instruction berfungsi dalam menyusun bentuk kemampuan
umum dari suatu topik atau tema. Kemampuan yang diharapkan menjadi
komponen terpenting yang harus dimiliki oleh setiap guru Agama Islam sebelum
melaksanakan proses pembelajaran. Salah satunya yaitu kemampuan dalam
penguasaan pendekatan, metode, dan strategi dalam menyampaikan mata
pelajaran Agama. Karena mata pelajaran Agama Islam juga merupakan mata
pelajaran yang penting, tetapi disisi lain proses pembelajaran Agama Islam masih
dianggap membosankan. Subjek dalam penelitian ini mengambil 4 kelas yakni
kelas 8-1, 8-2, 8-3, 8-4 yang berjumlah 378 orang. Di MTS. Madinatussalam
Pasar IX Dusun XIII Desa Sei Rotan . Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu Ada
perbedaan Aktivitas belajar siswa antara kelas Eksperimen dengan menggunakan
Pendekatan Induktif dan kelas kontrol dengan menggunakan Pendekatan
Konvensional. Maka Pendekatan Induktif lebih baik digunakan dalam Aktivitas
Belajar siswa karena dilihat dari hasil nilai rata-rata dari aktivitas belajar siswa
tersebut