dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan metode kisah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Jenis Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi di Madrasah Aliyah Swasta PAB-2 Helvetia. Analisis data adalah deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa perencanaan metode kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islamdi Kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Swasta PAB-2 Helvetiayaitu guru mempersiapkan Silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada siswa, mengatur posisi duduk siswa, mempersiapkan kisah dan membawa alur cerita hingga siswa mampu menghayati dalam bercerita. Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas XI MIA 2 Madrasah Aliyah Swasta PAB-2 Helvetiaterdapat langkah-langkah meliputi kegiatan awalmeliputi apresiasi, tujuan dan alur cerita, mengatur tempat duduk, melaksanakan kegiatan pembukaan pembelajaran, kegiatan intimeliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasidan kegiatan penutupmeliputi refleksi dan menyimpulkan kesimpulan. |
en_US |