Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilaiCivic
Disposition dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa SMP PAB 9
Klambir Lima Kebun. Penelitian ini menggunakan metode Tanya jawab atau
wawancara dan studi dokumentasi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada 14
sampai dengan 16 september 2019 di sekolah SMP Swasta PAB 9 Klambir lima
Kebun. Sumber data penelitian ini adalah siswa (anggota) yang mengikuti
ekstrakurikuler pramuka, Pembina pramuka, dan kepala sekolah.Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi kegiatan ekstrakurikuler
pramuka dalam pembinaan watak siswa SMP PAB 9 Klambir Lima Kebun telah
terlaksana dengan baik. Implementasi kegiatannya terbagi menjadi 2 kegiatanya
itu latihan setiap Mingguan setiap hari Jumat dan Sabtu dan kegiatan bulanan
yaitu PERSAMI yang didampingi oleh Pembina. Kegiatan pramuka di SMP PAB
menggunakann sistem beregu dan juga system satuan terpisah. Dalam setiap
kegiatannya pramuka selalu menggunakan unsure pendidikan, menerapkan pola
hidup sederhana dan dengan sistem among, dengan Pembina sebagai pamong.
Nilai-nilai Civic disposition dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah
tanggung jawab, disiplin, cinta tanah air dan lingkungan, toleransi, bersahabat,
jujur, mandiri, kreatif, religius, peduli lingkungan dan peduli sosial.