Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh triangle marketing
terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah di bank syariah mandiri Aek
Kanopan, khusunya masyarakat Aek Kanopan Timur. Jenis metode pada
penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini
merupakan upaya sistematis untuk menyelediki suatu masalah yang terjadi dengan
mengumpulkan data-data yang bersifat kuantitatif dalam wujud angka-angka,
kemudian disusun dengan cara sistematis dan diolah dengan menggunakan
program SPSS Statistic.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Internal Marketing (X1) thitung >
ttabel (2,457 > 1,984) berpengaruh positif terhadap keputusan masyarakat menajdi
nasabah, Eksternal Marketing (X2) thitung > ttabel (4,408 > 1,984) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keutusan masyarakat menjadi nasabah,
Interactive Marketing (X3) thitung > ttabel (3,817 > 1,984) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah, yang membuktikan
hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil dari penelitian yang di
peroleh menunjukkan bahwa seluruh variabel internal marketing (X1), eksternal
marketing (X2), nteractive marketing (X3), berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah di bank syariah
mandiri Aek Kanopan.