Abstract:
Layanan konseling kelompok melihat perubahan tingkah laku sebagai hasil
dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang
diamati secara langsung dan membantu siswa terhadap persepsi yang salah dalam
melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang
relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh layanankonseling kelompok dengan teknik kontrak
perilaku terhadap pengurangan perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 120 siswa, sedangkan yang menjadi
sampel sebanyak 10 siswa dengan menggunakan teknik kontrak
perilaku.Sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan penelitian populasi
.instrument yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket
untuk variabel (X) tentang layanan konseling kelompok dan variabel (Y) tentang
perilaku agresif. Untuk mencari besarnya hubungan antara layanan konseling
kelompok dengan perilaku agresif digunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil r = 1,10. Harga r hitung tersebut
selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n
=10, maka r tabel = 0.576 dan r hitung = 1,10. hal ini dapat disimpulkan bahwa r
hitung ≥ r tabel = ( 1,10 ≥ 0,576) yang berarti ada pengaruh layanan konseling
kelompok terhadap perilaku agresif siswa. Dan untuk mengetahui taraf signifikan
makan melalui uji t. berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung =
14,77 dengan taraf signifikan nyata α = 0.05 dk = n-2 = 8. Selanjutnya Ha
diterima jika t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan t tabel = 1,812 dapat dilihat bahwa t
hitung ≥ t tabel (14,77 ≥ 1,812). maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho
ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.