Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler tahfidz
quran siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan adalah adanya kekeliruan pada
ayat yang hampir sama, kurang minat menghafal, kurang dorongan orantua dan
daya konsentrasi kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji dnan
menganalisis pengaruh program ekstrakurikuler tahfidz quran terhadap
peningkatan hafalan quran siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari keseluruhan
siswa yang ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler tahfidz quran yang berjumlah 15
orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu
Observasi, dan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan
rumus product moment, reliabilitas, dan uji “r” hipotesis. Hasil dari korelasi
product moment dengan tabel nilai “r’ signifikasi 5% dan 1% diperoleh bahwa
rxy = 0,924 lebih besar dari pada rtabelbaik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,349
dan 0,684) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,924 0,553 dan 0,684).
Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara pengaruh
program ekstrakurikuler tahfidz quran terhadap peningkatan hafalan quran siswa
di Smp Muhammadiyah 57 Medan.