Abstract:
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana
pengembangan penilaian dalam pembelajaran alquran dengan menggunakan penilaian
autentik di SMP Swasta Rahmat Islmiyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengembangan penilaian dengan menggunakan penilaian autentik di
SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian ini adalah R and D (Research
and Development) yang menghasilkan buku, berjudul “Penilaian Autentik Pada
Pembelajaran Alquran”. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur penelitian R n D
dari Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan proses lima tahap
yaitu: (1) tahap persiapan dan pengumpulan data, (2) tahap pengembangan produk, (3)
tahap validasi ahli, (4) tahap uji coba produk dan revisi, serta (5) tahap pelaporan.
Teknik penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan dua kali uji coba lapangan, adapun sampel yang diambil dari uji coba
pertama ialah kelas VIII B sebanyak 36 siswa dan uji coba kedua pada kelas VIII A
sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan siswa ditandai dengan antusiasnya siswa dalam merespon maupun menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta kesesuaian penilaian dengan Kurikulum 2013
yang bersifat autentik yaitu dengan menilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan,
hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penilaian autentik mengalami
peningkatan pada uji coba kedua yaitu sikap spiritual meningkat sebesar 0,09, sikap
sosial sebesar 0,31, pengetahuan sebesar 0,04 dan aspek keterampilan sebesar 0,05
dengan kriteria penilaian tertinggi yaitu 4,00 (sangat baik).