Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca
alquran siswa di SMP Rahmat Islamiyah Medan, Penggunaan Metode Tsaqifa
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam membaca
alquran sebelum dan sesudah menggunakan metode tsaqifa serta mengetahui
pengaruh penggunaan metode tsaqifa terhadap kemampuan membaca alquran
siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
desain quasi eksperimen. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah kelas
VIII yang berjumlah 15 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu Tes dan Observasi, menggunakan
Pree Test dan Post Test. Dari hasil koefisien korelasi product moment person
dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1%
diperoleh rxy = 0,825 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1%
(0,514 dan 0,641) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,825 ≥ 0,514 dan
0,641 ). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara
Metode Tsaqifa terhadap kemampuan membaca Alquran siswa mata pelajaran
Alquran Kelas VIII di SMP Rahmat Islamiyah Medan