Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan
metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa kelas VIII 1
untuk kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VIII 2 untuk kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel yaitu Random Sampling, instrumen yang digunakan dalam
penelitian berupa tes berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretes-postes) yang
berjumlah 15 dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode crossword puzzle yang diterapkan
dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan
pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata
hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan metode crossword puzzle, sebelum
diterapkan metode crossword puzzle pada kelas eksperimen mendapatkan mean
x= 61,46. Namun setelah diterapkan metode crossword puzzle postes kelas
eksperimen mendapat mean x= 85,16. Sedangkan hasil analisis data dengan
menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 3,57 dan ttabel 2,02 sehingga hasil
perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 3,57
> 2,02 ).