DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Metematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa SMP Muhammadiayah 8 Medan T.P 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Shanti St, Enda Aprilia
dc.date.accessioned 2020-07-22T04:49:23Z
dc.date.available 2020-07-22T04:49:23Z
dc.date.issued 2020-03-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4574
dc.description.abstract Pada penelitian ini, yang menjadi permasalahannya yaitu masih rendahnya tingkat minat belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa VII SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kela (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan yang bejumlah 34 siswa. Obejek dalam penelitian ini adalah penggunaanmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019 Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi minat belajar siswa, hasil angket minat belajar siswa dan tes digunakan untuk memperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa serta terlaksananya proses pembelajaran pokok bahasan bentuk aljabar menggunakan model Contextual Teaching and Learning. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis angket, analisis ketuntasan belajar dan nalisis ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan bentu aljabar pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019. Peningkatan yang terjadi adalah (1) pada tahap awal rata-rata 55 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 14.70%, (2) pada siklus I rata-rata obsrvasi 66,32 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikalnya 44,12%, (3) pada siklus II rata-rata observasi menjadi 83,4 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 88,23%. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Minat Belajar Matematika en_US
dc.subject Contextual Teaching en_US
dc.subject Learning en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Minat Belajar Metematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa SMP Muhammadiayah 8 Medan T.P 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account