Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Konseling
individual di SMA Harapan Mekar Medan Tahun pembelajaran 2017/2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya sikap egosentris pada siswa kelas X
IPA SMA Harapan Mekar Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti,
sedangkan objek yang diambil adalah 03 orang siswa kelas X IPA SMA Harapan
Mekar Medan. Untuk memperoleh data informasi dalam penelitian kualitatif ini
maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.
Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Dari analisis data yang menggunakan observasi, pengurangan sikap
egosentris siswa yang dicapai setelah mendapatkan layanan konseling individual
dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy mencapai penurunan dan
perubahan. Dengan demikian penggunaan konseling individual dengan
pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mengurangi sikap
egosentris pada siswa kelas X SMA Harapan Mekar Medan. Hal ini dapat dilihat
dengan adanya perubahan tingkah laku pada setiap pertemuan yang mengarah
pada menurunnya sikap egosentris siswa.