Abstract:
Penelitian ini diakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah faktor pengalaman
belajar, kemampuan siswa, motivasi, dan keterampilan dapat mempengaruhi
kemampuan pemecahan masalah belajar matematika pada siswa. Pada penelitian ini
instrumen yang digunakan adalah angket faktor-faktor kemampuan pemecahan
masalah belajar matematika. Pada angket tersebut terdapat 80 pernyataan. Setiap
variabel masing-masing diwakilkan dengan 20 pernyataan. Hasil dari perhitungan
menunjukkan interpretasi variabel yang berdistribusi normal adalah pada variabel
pengalaman belajar, kemampuan siswa, motivasi, dan keterampilan karena masingmasing
nilai asymp sig berada diatas 0,05. Nilai communalities menunjukkan nilai
yang selalu positif. Hal ini berarti keempat variabel tersebut benar-benar memberikan
dampak positif dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah belajar
matematika siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel
pengalaman belajar, kemampuan siswa, motivasi, dan keterampilan merupakan faktor
yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah belajar matematika siswa yang
ditinjau dari nilai component matriksnya.
Hasil nilai component matriks untuk variabel pengalaman belajar adalah 0,818;
variabel kemampuan siswa adalah 0,904; variabel motivasi adalah 0,895; dan variabel
keterampilan adalah 0,892.