Abstract:
Endorsement merupakan media sosial promotion yang cukup efektif. Selain
mudah, cepat, dan murah, promosi melalui endorsement juga langsung tertuju
kepada calon pembeli. Dalam dunia bisnis modern endorsement merupakan
kegiatan dimana para pemilik bisnis meng-endorse atau meminta para selebriti/
artis memberikan testimony dan mempromosikan produk melalui media sosial
yang dimilikinya seperti instagram, facebook, twitter dan sebagainya dan pemilik
bisnis akan memberikan produknya tersebut, ditambah dengan me- mention akun
online store pemilik bisnis tersebut. Dengan kata lain endorse merupakan simbol
yang juga disebut sebagai sumber langsung (directsource) yang memiliki fungsi
mendistribusikan pesan atau memperagakan produk atau jasa dalam kegiatan
promosi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk melihat
penggunaan promosi endorsement terhadap minat beli konsumen khususnya
mahasiswa yang berada di kota Medan dengan menggunakan metode analisa
faktor. Variabel dari endorsement terdiri dari kepercayaan, daya tarik dan
keahlian, dari ketiga variabel tersebut setelah dianalisis maka masing- masing
variabel berpengaruh terhadap minat beli konsumen.