Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
yang dilakukan KSPPS BMT Amanah Ray Cabang Deli Tua Medan. Mengetahui
apa saja kendala yang dihadapi, sehingga terjadi fleksibilitas laba pada KSPPS
BMT Amanah Ray Cabang Deli Tua Medan, serta solusi yang dilakukan, dan
mengetahui apa strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan laba
pada KSPPS BMT Amanah Ray Cabang Deli Tua Medan.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian
dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pimpinan
perusahaan yang berkompetensi memberikan keterangan. Peneliti mengumpulkan
informasi secara langsung dengan melakukan wawancara. Data sekunder
diperoleh dari marketing, kemudian dari studi pustaka dengan mempelajari
berbagai tulisan, buku dan skripsi yang berhubungan dengan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian di KSPPS BMT Amanah Ray cabang Deli
Tua Medan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT Amanah Ray Cabang
Deli Tua Medan tidak lepas dari unsur-unsur bauran pemasaran/ marketing mix,
yang terdiri dari: Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat dan Strategi
Promosi. Dari strategi promosi tersebut, terbagi menjadi beberapa media seperti
periklanan, promosi penjualan, publisitas, personal selling dan referensi dari
teman. Melalui perencanaan promosi yang matang akan membantu KSPPS BMT
Amanah Ray cabang Deli Tua Medan dalam meningkatkan jumlah nasabah
pembiayaan yang kemudian memberikan laba bagi KSPPS BMT Amanah Ray
cabang Deli Tua Medan. Kendala yang dihadapi, sehingga terjadi fleksibilitas
laba pada BMT Amanah Ray Cabang Deli Tua Medan target yag tidak tercapai
menjadi kendala utama berkurangnya laba, nasabah yang tidak tepat waktu
membayar angsuran atau cicilan kepada BMT Amanah Ray Cabang Deli Tua
Medan, sehingga hitungan bulanan menjadi tidak komplit, serta pengaruh
lingkungan dan perekonomian yang lemah yang amengakibatkan pembelian
produk menurun ditambah kompetitor dari perbankan lain yang mulai menjamur
di Deli Tua Strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan laba pada
BMT Amanah Ray Cabang Deli Tua Medan melakukan pemasaran dan promosi
yang harus dilakukan semenarik mungkin dan berakhir dengan nasabah membeli
produk yang ditawarkan. Pelayanan terhadap nasabah, memuaskan keinginan dan
kebutuhan nasabah dapat dilakukan dengan upaya pelayanan yang terbaik.
Loyalitas nasabah, karena kepercayaan nasabah terhadap KSPPS BMT Amanah
Ray cabang Deli Tua Medan menyebabkan loyalitas nasabah meningkat.
Persaingan antar perbankan, perebutan nasabah untuk sebuah produk
menyebabkan persaingan yang ketat antara satu perbankan dengan perbankan
lainnya