Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan pengendalian diri
terhadap perilaku membolos. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan pengendalian diri terhadap perilaku membolos melalui
layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Tunas Karya Batang Kuis berjumlah sebanyak 89 dan objeknya adalah 8
siswa. Penggunaan teknik analisis data deskriftif kualitatif. Adapun istrumen yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang
sesuai dengan meningkatkan pengendalian diri terhadap perilaku membolos
melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun teknik analisinya data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Dari
hasil penelitian dapat diketahui bahwa meningkatkan pengendalian diri terhadap
perilaku membolos melalui layanan bimbingan kelompok sudah diterapkan
seiring pembiasaan siswa dalam belajar di dalam kelas. Hasil dengan adanya
layanan bimbinngan kelompok tersebut, masalah siswa yang tidak dapat
mengendalikan dirinya sudah mulai mampu untuk merubah dengan baik
dilingkungan sekitarnya khususnya pada kelas VII-1 dan VII-2 di SMP Tunas
Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2017/2018.