Abstract:
Sebuah perusahaan akan selalu membutuhkan karyawan dalam mencapai
tujuannya. Walaupun perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, aset
utama dalam perusahaan adalah karyawan. Dan adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk: (1) menganalisis pengaruh kecerdasan emosional berpengaruh
terhadap stres kerja, (2) menganalisis kecerdasan emosional berpengaruh terhadap
kinerja guru, (3) menganalisis pengaruh stres kerja berpengaruh terhadap kinerja
guru, (4) menganalisis pengaruh religiusitas berpengaruh terhadap kinerja guru,
(5) menganalisis kecerdasan emosional terhadap kinerja guru yang dimediasi oleh
stres kerja; (6) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja
guru yang dimoderasi oleh religiusitas.
Didalam penelitian ini membahas serta menguji dan mengkaji tentang
pengaruh kecerdasaan emosional, kinerja, religiusitas dan stres kerja.
Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian guru yang mengajar di
berbagai sekolah menengah pertama Muhammadiyah yang berada di Kota
Medan. Untuk itu, penulis menggunakan dua kali penentuan sampel, yakni
sampel sekolah dan sampel guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
60 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sumber data
primer dan teknik instrumen yang digunakan adalah melalui angket serta
teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan model Structural Equation Model - Partial Least Square
(SEM-PLS).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengaruh kecerdasan
emosional terhadap stres kerja adalah positif dan signifikan; (2) Pengaruh
kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan adalah positif dan
signifikan; (3) Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan berpengaruh
positif tetapi tidak signifikan; (4) Pengaruh religiusitas terhadap kinerja
karyawan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan; (5) Pengaruh
kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan tidak dimediasi stres
kerja; dan (6) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan
tidak dimoderasi religiusitas.