| dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran
Probing - Prompting. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII- 1
berjumlah 32 orang dimana terdapat 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan
dilakukan untuk memperoleh hasil observasi pemahaman konsep matematis siswa
dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematis siswa
serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi Segitiga dan Segiempat sub materi
Persegi dan Persegi Panjang menggunakan model pembelajaran Probing
Prompting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa
melalui penerapan model pembelajaran Probing – Prompting. Peningkatan yang
terjadi yaitu: (1) pada siklus I rata-rata observasi pemahaman konsep matematika
sebesar 70 dan persentase pemahaman konsep matematis sebesar 56,25%, (2) pada
siklus II rata-rata observasi pemahaman konsep matematis siswa sebesar 77,5 dan
persentase pemahaman konsep matematis sebesar 81,25%. |
en_US |