Research Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING - PROMPTING

Show simple item record

dc.contributor.author MASRIANI
dc.date.accessioned 2025-12-20T02:35:42Z
dc.date.available 2025-12-20T02:35:42Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30036
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran Probing - Prompting. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII- 1 berjumlah 32 orang dimana terdapat 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan dilakukan untuk memperoleh hasil observasi pemahaman konsep matematis siswa dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematis siswa serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi Segitiga dan Segiempat sub materi Persegi dan Persegi Panjang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Probing – Prompting. Peningkatan yang terjadi yaitu: (1) pada siklus I rata-rata observasi pemahaman konsep matematika sebesar 70 dan persentase pemahaman konsep matematis sebesar 56,25%, (2) pada siklus II rata-rata observasi pemahaman konsep matematis siswa sebesar 77,5 dan persentase pemahaman konsep matematis sebesar 81,25%. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pemahaman Konsep Matematis en_US
dc.subject Probing - Prompting en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING - PROMPTING en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account