| dc.description.abstract |
Rendahnya kualitas pendidikan berdampak langsung pada rendahnya mutu
sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengembangan standar pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di
SMAS Muhammadiyah 13 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala
sekolah, pendidik, dan staf administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan standar pendidikan difokuskan pada peningkatan sarana dan
prasarana sekolah. Meskipun belum sepenuhnya optimal, sekolah menunjukkan
komitmen tinggi dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif melalui
penyediaan fasilitas dasar dan perbaikan manajemen pembelajaran. Mutu
pendidikan berada pada kategori sedang dan cenderung fluktuatif, terlihat dari
capaian akademik siswa yang belum konsisten dan tingkat kelulusan yang belum
optimal. Pengembangan standar terbukti memberi dampak positif, terutama dalam
menciptakan pembelajaran yang interaktif dan meningkatkan profesionalitas guru.
Namun, penerapannya masih terkendala oleh keterbatasan anggaran, kesiapan
guru, serta minimnya dukungan eksternal. Oleh karena itu, dibutuhkan
kepemimpinan yang inovatif dan dukungan kolaboratif dari berbagai pihak untuk
mengatasi kendala tersebut. |
en_US |