Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, SEFTIA INDAH PERMATA
dc.date.accessioned 2025-11-12T02:50:20Z
dc.date.available 2025-11-12T02:50:20Z
dc.date.issued 2025-08-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30014
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model AIR dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelompok diberikan pretest dan posttest untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan model AIR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 87,94, meningkat sebesar 34,12 poin dari nilai pretest, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 74,41, meningkat sebesar 18,97 poin. Peningkatan ini membuktikan bahwa siswa yang diajar dengan model AIR mengalami perkembangan kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Secara lebih rinci, model AIR terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan, tulisan, maupun visual; menggunakan bahasa, simbol, serta struktur matematika dengan lebih tepat; serta mengembangkan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen matematis secara logis. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika pada materi penyajian data. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account