| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Jibril dalam
meningkatkan hafalan santri di Ma’had Tahfiz Ummi Asya Putra, serta
mengidentifikasi faktor pendukung, penghambat, dan keberhasilannya. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan cara wawancara dan observasi secara
langsung. Penelitian ini akan membahas mengenai pelaksanaan, faktor
pendukung dan penghambat, serta keberhasilan dari sebuah pembelajaran
menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Jibril. Hasil dari penelitian ini pada
pelaksanaannya para pembimbing melakukan perancangan pada pembelajaran
terlebih dahulu lalu pelaksanaannya dan penerapan evaluasi pada setiap
pembelajarannya. Faktor pendukung meliputi pembimbing yang berkompeten,
metode yang mudah dipahami, lingkungan dan fasilitas yang nyaman, motivasi
dari pembimbing dan santri, serta ruang menghafal yang kondusif, sedangkan
faktor penghambatnya adalah kebiasaan santri sering izin, padatnya jadwal
belajar diniah atau kitab kuning, serta rasa malas dalam mengulang hafalan.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Jibril efektif, dibuktikan dengan
tercapainya target hafalan enam juz dalam satu tahun bahkan sebagian santri
melampauinya, yang mengindikasikan keberhasilan metode ini tidak hanya pada
kuantitas hafalan tetapi juga kualitas bacaan sesuai kaidah tajwid. Keunggulan
metode Jibril terletak pada kombinasi muraja’ah terstruktur, pemberian contoh
bacaan yang tepat, dan setoran hafalan yang memungkinkan perbaikan segera. |
en_US |