Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap
produk vape yang dijual oleh CV. Geubrina Rachmat Rizky menggunakan metode
Net Promoter Score (NPS). NPS dipilih karena kemampuannya dalam mengukur
loyalitas pelanggan secara sederhana melalui satu pertanyaan utama mengenai
kemungkinan pelanggan merekomendasikan produk kepada orang lain. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form
kepada pelanggan yang telah melakukan transaksi langsung maupun melalui media
sosial. Hasil dari kuesioner kemudian dianalisis dan diproses menggunakan bahasa
pemrograman Python melalui platform Google Colab untuk mengelompokkan
responden ke dalam tiga kategori, yaitu Promoter, Passive, dan Detractor. Hasil
penelitian ini memberikan gambaran tentang seberapa puas pelanggan terhadap
kualitas produk, harga, pelayanan, dan kemudahan akses produk, serta memberikan
rekomendasi strategis bagi perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.