| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam meningkatkan
perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa di Tadika Didik Bistari Gemilang.
Kompetensi guru berperan penting dalam meningkatkan perkembangan yang optimal pada
aspek kognitif dan psikomotorik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah
observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi berdasarkan
konfirmasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk
penarikan kesimpulan dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan member
checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan
kompetensinya adalah dengan menghadiri pelatihan, mengikuti kursus, serta memanfaatkan
media sosial yang dapat mengembangkan keterampilannya dalam mengajar. Dalam
meningkatkan perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa, guru menerapkan strategi
pembelajaran yang efektif seperti penggunaan media kartu pembelajaran, serta
melaksanakan aktivitas yang dapat melatih keterampilan motorik halus dan kasar siswa
menggunakan alat bantu aktivitas psikomotorik. Adapun kendala yang dihadapi guru adalah
kurangnya dukungan sebagian orang tua terhadap anaknya dan minat siswa yang berubah
saat proses pembelajaran. Kedua kendala tersebut harus ditangani dengan baik agar tidak
menghambat proses pembelajaran. Kesimpulannya adalah kompetensi guru berperan
penting dalam perkembangan yang optimal pada kognitif dan psikomotorik siswa, sehingga
pengembangan kompetensi guru harus terus dilakukan dan didukung oleh pihak sekolah
dan lembaga pendidikan. |
en_US |