| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa generasi Z
pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 6 Medan. Latar belakang
penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang masih dominan
digunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen semu yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang
menggunakan model PBL dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data
dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa, serta dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas,
normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dengan hasil uji t menunjukkan nilai
signifikansi 0,008 < 0,05. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam
meningkatkan kompetensi generasi Z dalam berpikir kritis, analitis, dan evaluatif
dalam pembelajaran akuntansi. |
en_US |