Research Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GENERASI Z PADA BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ARIZA, FURAIZA SEMBIRING
dc.date.accessioned 2025-11-07T04:08:16Z
dc.date.available 2025-11-07T04:08:16Z
dc.date.issued 2025-08-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29931
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa generasi Z pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 6 Medan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang masih dominan digunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, serta dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dengan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi generasi Z dalam berpikir kritis, analitis, dan evaluatif dalam pembelajaran akuntansi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.subject Berpikir Tingkat Tinggi en_US
dc.subject Akuntansi en_US
dc.subject SMK en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GENERASI Z PADA BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account