| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keteladanan guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) dalam menanamkan nilai-nilai Islam di era digital pada siswa SMP Muhammadiyah
57 Medan. Di tengah kemajuan teknologi informasi yang pesat, guru PAI diharapkan tidak
hanya menjadi penyampai ilmu agama, tetapi juga menjadi teladan dalam perilaku dan
pemanfaatan teknologi secara Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi
terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru PAI
tampak dalam sikap disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kesantunan, serta dalam
penggunaan media digital untuk dakwah dan pembelajaran. Faktor pendukung meliputi
dukungan sekolah, sarana teknologi yang memadai, dan kesadaran guru terhadap perannya
sebagai teladan. Adapun faktor penghambat antara lain pengaruh negatif media sosial dan
kurangnya kontrol terhadap penggunaan gawai oleh siswa. Secara keseluruhan,
keteladanan guru PAI memiliki dampak positif terhadap pembentukan karakter Islami
siswa dan penggunaan teknologi secara bijak di era digital. |
en_US |