Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pendukung keputusan untuk
menentukan reward guru di TK Jabal Rahmah Mulia menggunakan metode
TOPSIS dan SAW. Permasalahan utama adalah sistem penilaian manual yang
subjektif dan membutuhkan waktu lama. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif deskriptif analitis dengan melibatkan 20 guru yang dievaluasi
berdasarkan lima kriteria: pedagogik (30%), kepribadian (25%), profesional
(25%), sosial dan inovasi (10%), dan kehadiran (10%). Implementasi sistem
dilakukan melalui aplikasi berbasis web menggunakan HTML. Hasil penelitian
menunjukkan konsistensi tinggi antara kedua metode, dengan guru Sindy
memperoleh ranking tertinggi (SAW: 1.000, TOPSIS: 1.000), diikuti Khansa
(SAW: 0.971, TOPSIS: 0.8388), dan Ghaly (SAW: 0.939, TOPSIS: 0.7096).
Sistem yang dikembangkan berhasil meningkatkan transparansi, objektivitas, dan
efisiensi dalam proses penentuan reward guru, menggantikan sistem manual yang
cenderung subjektif dan dapat menimbulkan persepsi ketidakadilan di kalangan
tenaga pendidik.