| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa kelas X MAN 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas
�
�−6 MAN 3 Medan, peneliti menggunakan 10 siswa untuk kelompok kontrol dan
10 siswa pada kelompok eksperimen sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk
mengetahui minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya
peningkatan pada minat belajar siswa setelah dilakukan layanan bimbingan
kelompok, maka dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan
menggunakan teknik Reinforcement efektif dalam meningkatkan minat belajat pada
siswa. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan
Probabilitas 𝐴𝑠𝑦𝑚𝑝.𝑆𝑖𝑔.(2 𝑡𝑎𝑖𝑙𝑒𝑑) siswa pada kelompok eksperimen sebesar
0,005 probabilitas dibawah alpha 0,05 dimana (0,005 < 0.05) dan uji analisis
Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples diperoleh nilai Asymp Sig kurang
dari alpha (0,001 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa
layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Reinforcement efektif
untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X MAN 3 Medan. |
en_US |