Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan dongeng sebagai
media komunikasi dapat berperan dalam penanaman nilai moral pada siswa SD
Swasta Harapan Sakti Kabupaten Deli Serdang. Dongeng tidak hanya menjadi
sarana hiburan, tetapi juga media edukatif yang mampu menyampaikan pesan
pesan moral secara halus dan menyentuh. Melalui kegiatan mendongeng yang rutin
dilaksanakan setiap hari Selasa, guru menyampaikan cerita-cerita pilihan yang
mengandung nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan sopan
santun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian terdiri dari enam guru kelas I hingga kelas VI. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dongeng yang disampaikan secara komunikatif, baik secara
verbal maupun nonverbal, dapat membentuk kesadaran moral siswa dan
mendorong perubahan perilaku positif. Proses komunikasi yang terbangun antara
guru dan siswa dala2m kegiatan mendongeng juga menciptakan suasana belajar
yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan demikian, dongeng sebagai
media komunikasi terbukti efektif dalam mendukung proses penanaman nilai moral
di lingkungan sekolah dasar. Penerapan metode ini dapat menjadi strategi
pembelajaran karakter yang sederhana namun berdampak kuat dalam membentuk
kepribadian anak.