| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menggunakan buku ajar Durusu al-Lughah
bahasa arab di pesantren modern Nurul Hakim, Untuk menganalisis hasil belajar siswa
dengan menggunakan buku ajar Durusu al-Lughah di pesantren modern Nurul Hakim,
Untuk menganalisis kesesuaian sistematika dan subtansi buku ajar Durusu al-Lughah
dengan kurikulum bahasa Arab di pesantren modern Nurul Hakim.
Metode penelitian ini menggunakan metode KUALITATIF metode kualitatif lebih
menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari
fenomena tersebut. Analisis dan ketajaman penelitian kualitatif sangat terpengaruh pada
kekuatan kata dan kalimat yang digunakan.
Secara teoritis, hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan tambahan ilmu
pengetahuan serta menjadi referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan
dengan penggunaan buku ajar Durusu al-Lughah bahasa arab di pesantren modern Nurul
Hakim. Bagi praktisi pengajar, hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan bahasa arab yang telah di
terapkan dan di pelajari. Bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan akan menjadikan siswa
tidak hanya dapat membaca ataupun menghafal bahasa arab saja tetapi dapat
menerjemahkannya.
Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan serta
menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik Reseptif maupun Produktif.
Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan. orang lain dan
memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa alat
komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. |
en_US |