Research Repository

Strategi Guru Dalam Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tabarak Pada Santri Di Rumah Tahfizh Daarul Yunus Binjai

Show simple item record

dc.contributor.author FAZAR, MAULANA
dc.date.accessioned 2025-11-06T03:30:07Z
dc.date.available 2025-11-06T03:30:07Z
dc.date.issued 2025-09-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29863
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan strategi penerapan Metode Tabarak dalam meningkatkan keberhasilan proses hafalan Al-Qur'an di Rumah Tahfizh Daarul Yunus Binjai. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan hafalan dipengaruhi oleh strategi motivasi guru, penggunaan media audio-visual, serta konsistensi muraja’ah. Penerapan tahapan mendengarkan, mengulang, dan setoran hafalan secara bertahap, didukung media rekaman murattal, mampu meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas hafalan santri. Faktor internal seperti motivasi intrinsik dan eksternal seperti motivasi dari guru dan orang tua turut berperan penting dalam menjaga semangat belajar santri. Hambatan utama meliputi keterbatasan fasilitas teknologi dan variasi kemampuan santri, namun dapat diatasi melalui inovasi metode dan komunikasi efektif. Kesimpulan menunjukkan bahwa strategi guru yang tepat dan lingkungan belajar kondusif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan hafalan, serta penerapan Metode Tabarak memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas dan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur'an. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Metode Tabarak en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur'an en_US
dc.title Strategi Guru Dalam Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tabarak Pada Santri Di Rumah Tahfizh Daarul Yunus Binjai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account