| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan strategi penerapan
Metode Tabarak dalam meningkatkan keberhasilan proses hafalan Al-Qur'an di
Rumah Tahfizh Daarul Yunus Binjai. Metode yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan hafalan
dipengaruhi oleh strategi motivasi guru, penggunaan media audio-visual, serta
konsistensi muraja’ah. Penerapan tahapan mendengarkan, mengulang, dan
setoran hafalan secara bertahap, didukung media rekaman murattal, mampu
meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas hafalan santri. Faktor internal
seperti motivasi intrinsik dan eksternal seperti motivasi dari guru dan orang tua
turut berperan penting dalam menjaga semangat belajar santri. Hambatan utama
meliputi keterbatasan fasilitas teknologi dan variasi kemampuan santri, namun
dapat diatasi melalui inovasi metode dan komunikasi efektif. Kesimpulan
menunjukkan bahwa strategi guru yang tepat dan lingkungan belajar kondusif
sangat berpengaruh terhadap keberhasilan hafalan, serta penerapan Metode
Tabarak memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas dan
motivasi santri dalam menghafal Al-Qur'an. |
en_US |