Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru Pendidikan
Agama Islam di MTs Yaspi Labuhan Deli dalam melaksanakan proses
pembelajaran di sekolah. Kompetensi guru yang dikaji meliputi kompetendi
pedagogik, kepribadian, social, dan profesional. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelelitian adalah
guruvPendidikan Agama Islam di MTs Yaspi Labuhan Deli. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di MTs Yaspi Labuhan Deli
telah memiliki kemampuan dasar dalam merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi pembelajaran, namun masih terdapat aspek yang harus
ditingkatkan, khususnya pengelolaan kelas yang lebih kreatif. Dengan demikian,
analisis ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi guru Pendidikan
Agama di MTs Yaspi Labuhan Deli secara berkelanjutan guna meningkatkan
kualitas pembelajaran dan membentuk karakter peserta didik sesuai nilai-nilai
Islam.