Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh
penggunaan metode pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar Pendidikan
Agama Islam siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan yang menjadi
tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penggunaan metode pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar Pendidikan
Agama Islam siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pre-eksperimen designs one
group pree test-post test yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya
hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas
pembanding (kelas kontrol). Populasi ini diambil dari seluruh kelas sebanyak 30
orang dan Sampel yang diambil dari seluruh siswa VIII –E yaitu 30 orang.
Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu pree test
dan post test. Pengolahan analisis data ini menggunakan rumus product moment,
reliabilitas, dan uji ‘t” hipotesis.
Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil prestasi belajar siswa terhadap
metode pembelajaran interaktif positif, pemahaman materi dan konsep dari
Pendidikan Agama Islam dengan metode pembelajaran interaktif ini
menunjukkkan hasil prestasi belajar yang lebih baik dari pada sebelum
diterapkan metode pembelajaran interaktif. Hasil analisis statistic inferensial
menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah
5,31 dengan frekuensi db = 30 –1 = 29, pada taraf signifikansi 0.5% diperoleh t
Tabel = 2,04. Jadi, t Hitung > t tabel (5,31> 2,04) atau hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan
metode pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
mempunyai pengaruh yang signifikan dari pada sebelum metode pembelajaran
interaktif.