| dc.description.abstract |
Terdapat dua faktor yang mampu mempengaruhi Purchase Decision diantaranya
yaitu Influencer Marketing dan Content Marketing. Kedua strategi ini seringkali
bekerja secara simultan dan saling melengkapi dalam mempengaruhi purchase
decision. Influencer marketing dapat menarik perhatian dan membangun kepercayaan
awal, sedangkan content marketing memperkuat keputusan pembelian dengan
menyediakan informasi yang mendalam dan relevan.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Influencer Marketing dan Content Marketing terhadap Purchase Decision pada produk
skincare scintific. Penelitian ini disusun menggunakan jenis penelitian kuantitiatif
dengan metode assosiatif kausal. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 100
konsumen/influencer official skincare skintific. Proses penentuan sampel digunakanlah
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner yang diberikan nilai Skala Likert, sehingga data yang terkumpul akan
dilakukan penganalisisan menggunakan Program SPSS versi 25 dengan metode
analisis yang terdiri dari uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda,
uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Influencer Marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision pada produk Skintific,
dibuktikan melalui nilai thitung sebesar 9,682 > nilai ttabel 1,984 dan nilai sig 0,000 <
0,05. Selain itu, ditemukan bahwa Content Marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Purchase Decision pada produk Skintific, dibuktikan melalui nilai
thitung sebesar 3,749 > nilai ttabel 1,984 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Dan ditemukan bahwa
secara simultan Influencer Marketing dan Cotent Marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Purchse Decision pada produk Skintific, dibuktikan melalui nilai
Fhitung sebesar 70,277 > nilai Ftabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien
determinasi (R2) didapati nilai Adjust R Square sebesar 0,583. Hal tersebut
mendiskripsikan bahwa variabel Purchase Decision (Y) yang dapat diterangkan
dengan menggunakan variabel Influencer Marketing (X1) dan Content Marketing (X2)
sebesar 58,3%. |
en_US |