Research Repository

Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Julia
dc.date.accessioned 2025-11-04T10:31:07Z
dc.date.available 2025-11-04T10:31:07Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29787
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan perilaku asertif siswa menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing siswa Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. Subjek penelitian ini adalah kelas VI Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong yang berjumlah 8 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik perilaku asertif siswa yang di sebar pada siswa kelas yang di anggap mengalami perilaku asertif yang cenderung rendah ada 7 orang, dan sangat rendah 1 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) keadaan perilaku asertif siswa cenderung rendah dengan rata-rata 45,3 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (posttest) perkembangan perilaku asertif siswa mengalami peningkatan cenderung sangat tinggi dengan rata-rata 80. Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dengan segnifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berhasil untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VI Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Teknik Role Playing en_US
dc.subject Perilaku Asertif en_US
dc.title Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account