| dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui upaya meningkatkan perilaku asertif siswa menggunakan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing siswa Sanggar Bimbingan Muhammadiyah
Kepong.
Subjek penelitian ini adalah kelas VI Sanggar Bimbingan Muhammadiyah
Kepong yang berjumlah 8 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang diambil
berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung
karakteristik perilaku asertif siswa yang di sebar pada siswa kelas yang di anggap
mengalami perilaku asertif yang cenderung rendah ada 7 orang, dan sangat rendah
1 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru
Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya
bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) keadaan perilaku asertif
siswa cenderung rendah dengan rata-rata 45,3 dan setelah diberikan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing (posttest) perkembangan perilaku asertif
siswa mengalami peningkatan cenderung sangat tinggi dengan rata-rata 80. Dari
hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang
perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing, dengan segnifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing berhasil untuk meningkatkan perilaku asertif
siswa kelas VI Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. |
en_US |