Abstract:
Fenomena masalah yang dihadapi dalam pendidikan di Indonesia, terutama di
SMP Swasta Salsa Cinta Rakyat, adalah kurangnya penanaman nilai-nilai karakter
pada peserta didik. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang masih belum
mencerminkan nilai-nilai religius, disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik serta strategi yang
diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang meliputi observasi, wawancara,
dan dokumentasi di SMP Swasta Salsa Cinta Rakyat. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran penting dalam menanamkan nilai
nilai karakter melalui pendekatan kontekstual dan interaktif, serta kolaborasi
dengan guru mata pelajaran lain. Namun, terdapat tantangan yang dihadapi,
seperti perbedaan pandangan agama dan tekanan dari teman sebaya. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas
pendidikan karakter di sekolah.