Research Repository

Analisa Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Association Rule Pada Data Transaksi Penjualan Dunia Vape

Show simple item record

dc.contributor.author Azhar, Radhitya Tarigan
dc.date.accessioned 2025-11-01T07:30:11Z
dc.date.available 2025-11-01T07:30:11Z
dc.date.issued 2025-10-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29694
dc.description.abstract Usaha Dagang Dunia Vape merupakan usaha dagang yang bergerak dalam bidang penjualan sparepart rokok elektrik. Setiap konsumen yang akan membeli produk maka konsumen melihat rak produk satu persatu untuk menemukan produk yang dicari. Masalah yang terjadi adalah terkadang melelahkan konsumen untuk mencari di rak yang berbeda atau juga dapat menyebabkan konsumen tidak jadi membeli produk yang sebenarnya dia butuhkan. Hal ini disebabkan karena tidak tersusunnya produk yang dijual berdasarkan pola pembelian yang sering dilakukan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara yang dapat memudahkan konsumen dalam pencarian produk yang diinginkan dan agar UD Dunia Vape dapat mengetahui pola pembelian konsumen sehingga dapat menyusun dan menyediakan produk sesuai pola yang biasa terjadi. Oleh karena itu peneliti memanfaatkan teknologi komputer untuk membantu konsumen dalam pencarian produk yang diinginkan dan agar UD Dunia Vape dapat mengetahui pola pembelian konsumen sehingga dapat menyusun dan menyediakan produk sesuai pola yang biasa terjadi. Dalam ilmu komputer salah salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan data mining. Salah satu metode yang digunakan dalam memetukan pola yaitu Metode Association Rule Mining. Association rule mining adalah teknik dari data mining yang bertujuan untuk menemukan pola aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Implementasi Metode Association Rule Mining pada penjualan barang di Toko UD Dunia Vape digunakan untuk memberikan informasi hasil dari pola penjualan barang setiap bulannya yang dapat dijadikan sebagai parameter dalam memanajemen persediaan barang pada UD Dunia Vape, selain itu dapat memberikan informasi barang yang paling diminati dan paling banyak terjual di UD Dunia Vape adaapun hasil yang didapatkan Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan analisa pola pembelian konsumen menggunakan metode Association Rule pada data transaksi penjualan Dunia Vape dapat diterapkan berdasarkan hasil penerapan metode secara manual dimana hasil asosisi rule sama dengan pengujian aplikasi data mining yaitu jika membeli I = LOST VAPE URSA CAP POD KIT JOY PURPLE maka Membeli N = PODS FRIENDLY ICE PEDIA BLUEBERRY 15MG 30ML (24) dengan nilai confidence 100% dan jika membeli N = PODS FRIENDLY ICE PEDIA BLUEBERRY 15MG 30ML (24) maka Membeli I = LOST VAPE URSA CAP POD KIT JOY PURPLE dengan nilai confidence 100%. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Data Mining en_US
dc.subject Association Rule en_US
dc.subject Transaksi Penjualan en_US
dc.subject Dua Vape en_US
dc.title Analisa Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Association Rule Pada Data Transaksi Penjualan Dunia Vape en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account