Research Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENYUSUNAN RKAS DENGAN EVALUASI DIRI SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI SEKOLAH SLTP DAN SLTA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author FADHILLAH, NURUL
dc.date.accessioned 2025-11-01T03:03:25Z
dc.date.available 2025-11-01T03:03:25Z
dc.date.issued 2025-09-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29673
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi anggaran dan kompetensi sumber daya manusia terhadap penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) pada sekolah tingkat SLTP dan SLTA Muhammadiyah di Kota Medan, dengan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis), dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas penyusunan RKAS. Demikian pula, kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyusunan RKAS. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terbukti sebagai variabel moderasi yang memperlemah hubungan antara partisipasi anggaran dan penyusunan RKAS, serta memperlemah hubungan antara kompetensi sumber daya manusia dan penyusunan RKAS, meskipun pengaruhnya tetap positif dan signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun EDS mengarahkan proses perencanaan keuangan yang lebih terstruktur dan berbasis data, keberadaannya juga dapat membatasi ruang kontribusi langsung dari partisipasi dan kompetensi individu. en_US
dc.subject Partisipasi Anggaran en_US
dc.subject Kompetensi SDM en_US
dc.subject Penyusunan RKAS en_US
dc.subject Evaluasi Diri Sekolah en_US
dc.subject Moderasi en_US
dc.title PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENYUSUNAN RKAS DENGAN EVALUASI DIRI SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI SEKOLAH SLTP DAN SLTA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account