| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi anggaran dan
kompetensi sumber daya manusia terhadap penyusunan Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah (RKAS) pada sekolah tingkat SLTP dan SLTA Muhammadiyah
di Kota Medan, dengan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode analisis
regresi moderasi (Moderated Regression Analysis), dengan jumlah sampel sebanyak
78 responden yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan
guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kualitas penyusunan RKAS. Demikian pula, kompetensi
sumber daya manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
penyusunan RKAS. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terbukti sebagai variabel moderasi
yang memperlemah hubungan antara partisipasi anggaran dan penyusunan RKAS,
serta memperlemah hubungan antara kompetensi sumber daya manusia dan
penyusunan RKAS, meskipun pengaruhnya tetap positif dan signifikan. Temuan ini
mengindikasikan bahwa meskipun EDS mengarahkan proses perencanaan keuangan
yang lebih terstruktur dan berbasis data, keberadaannya juga dapat membatasi ruang
kontribusi langsung dari partisipasi dan kompetensi individu. |
en_US |