Research Repository

ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN SETIA BUDI - JALAN ABDUL HAKIM - JALAN PASAR 1 MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM ( STUDI KASUS )

Show simple item record

dc.contributor.author PURBA, LENI YOLANDA
dc.date.accessioned 2025-10-31T04:46:13Z
dc.date.available 2025-10-31T04:46:13Z
dc.date.issued 2025-10-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29665
dc.description.abstract Mobilitas masyarakat yang tinggi untuk melaksanakan aktivitas kehidupan sehari hari menuntut tersedianya sarana dan prasarana yang aman, nyaman, dan lancar. Salah satu persimpangan dengan arus lalu lintas yang padat yaitu simpang dengan pertemuan Jalan Setia Budi – Jalan Abdul Hakim – Jalan Pasar 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pada Simpang, mengetahui kinerja simpang tak bersinyal sesuai Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) dan mengidentifikasi jenis fasilitas penyeberangan apakah yang sesuai berdasarkan volume penyeberangan jalan dan volume kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan survei lalu lintas kendaraan. Data primer yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data volume lalu lintas, kondisi arus lalu lintas, kondisi lingkungan, dan geometri persimpangan, sedangkan data sekunder yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu peta lokasi penelitian, denah lokasi penelitian, data jumlah penduduk dan teori pendukung. Analisa data dilakukan berpedoman pada PKJI 2023 dan evaluasi kinerja simpang dilakukan dengan aplikasi PTV Vissim. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja simpang tak bersinyal dipengaruhi oleh volume kendaraan pada setiap pendekat, geometri simpang, perilaku pengemudi, serta hambatan samping seperti parkir liar dan aktivitas pejalan kaki. Nilai derajat kejenuhan (DJ) yang mendekati hingga melebihi ambang batas ideal (≥ 0,85) serta tundaan signifikan menunjukkan bahwa simpang beroperasi mendekati kapasitas maksimal. Berdasarkan volume kendaraan dan penyeberang, fasilitas penyeberangan yang sesuai adalah pelican crossing atau zebra cross dengan pulau pelindung, guna meningkatkan keselamatan dan efisiensi pergerakan pejalan kaki. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Jalan en_US
dc.subject Persimpangan en_US
dc.title ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN SETIA BUDI - JALAN ABDUL HAKIM - JALAN PASAR 1 MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM ( STUDI KASUS ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account