Research Repository

ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PT. IMAJI INTERAKTIF MEDIA DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN YANG BERKELANJUTAN

Show simple item record

dc.contributor.author ABDI, EZRA HAIKAL
dc.date.accessioned 2025-10-31T04:30:55Z
dc.date.available 2025-10-31T04:30:55Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29662
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya strategi komunikasi dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan di tengah persaingan industri agensi kreatif yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model komunikasi yang diterapkan oleh PT. Imaji Interaktif Media dalam mempertahankan pelanggan yang berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pimpinan, pegawai, dan pelanggan loyal. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan model komunikasi Harold Lasswell dengan pendekatan yang fleksibel, personal, dan adaptif, menggunakan media seperti WhatsApp, email, Zoom, dan tatap muka. Komunikasi yang dibangun memberikan dampak positif terhadap loyalitas pelanggan melalui aspek pembelian ulang (rebuy), kesetiaan (retention), dan rekomendasi (referral). Komunikasi yang efektif terbukti menjadi kunci dalam menjaga keberlanjutan hubungan dengan pelanggan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Komunikasi en_US
dc.subject Pelanggan Berkelanjutan en_US
dc.title ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PT. IMAJI INTERAKTIF MEDIA DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN YANG BERKELANJUTAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account