Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi tentang strategi komunikasi pemasaran objek
wisata di Kabupaten Batu Bara dimana strategi komunikasi pemasaran
digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen
sasaran mengenai keberadaan produk di pasar 5 jenis promosi (bauran promosi)
yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi
penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (publicity and
public relation), serta pemasaran langsung (direct marketing). Khususnya di
Kabupaten Batu Bara sendiri juga memiliki beberapa objek wisata yang sangat di
minati oleh masyarakat. Peneliti mengambil salah satu objek wisata di Kabupaten
Batu Bara untuk di teliti yaitu Pantai Perjuangan Desa Lalang dusun Mesjid
Barat. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan
pengunjungan ke Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Batu
Bara dan Objek Wisata Pasar Kamu. Teknik analisis data yang digunakan ialah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti
menyimpulkan bahwa strategi pamesaran yang digunakan oleh Dinas
Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata ialah menggunakan strategi
BAS (Branding, Advertising, Selling), media yang digunakan dalam
mempromosikan objek wisata Batu Bara menggunakan media cetak, media
elektronik dan media online. Yang memiliki tujuan/target pasar yang jelas
untuk setiap objek wisata yang mereka punya