Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi tentang strategi komunikasi pemasaran objek 
wisata di Kabupaten Batu Bara dimana strategi komunikasi pemasaran 
digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen 
sasaran mengenai keberadaan produk di pasar 5 jenis promosi (bauran promosi) 
yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi 
penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (publicity and 
public relation), serta pemasaran langsung (direct marketing). Khususnya di 
Kabupaten Batu Bara sendiri juga memiliki beberapa objek wisata yang sangat di 
minati oleh masyarakat. Peneliti mengambil salah satu objek wisata di Kabupaten 
Batu Bara untuk di teliti yaitu Pantai Perjuangan Desa Lalang dusun Mesjid 
Barat. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan 
pengunjungan ke Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Batu 
Bara dan Objek Wisata Pasar Kamu. Teknik analisis data yang digunakan ialah 
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti 
menyimpulkan bahwa strategi pamesaran yang digunakan oleh Dinas 
Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata ialah menggunakan strategi 
BAS (Branding, Advertising, Selling), media yang digunakan dalam 
mempromosikan objek wisata Batu Bara menggunakan media cetak, media 
elektronik dan media online. Yang memiliki tujuan/target pasar yang jelas 
untuk setiap objek wisata yang mereka punya