Research Repository

Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Migrasi Ke Tv Digital “Pasti Cling” Di Channel Youtube Zonatipi

Show simple item record

dc.contributor.author Wardhana, Akbar
dc.date.accessioned 2025-10-30T09:53:44Z
dc.date.available 2025-10-30T09:53:44Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29626
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan layanan masyarakat "Pasti Cling" yang diproduksi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan stasiun televisi Indosiar.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes, yang mengkaji makna dalam iklan berdasarkan dua tingkat tanda, yaitu denotatif dan konotatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini menggambarkan perbedaan kualitas antara TV analog dan TV digital melalui representasi visual dan ekspresi emosional para tokohnya. Pada level denotatif, iklan memperlihatkan kesulitan yang dialami pengguna TV analog serta perbaikan kualitas gambar dan suara setelah beralih ke TV digital. Sementara itu, pada level konotatif, iklan ini menyampaikan pesan bahwa TV digital adalah simbol kemajuan teknologi yang meningkatkan kenyamanan dan keharmonisan keluarga dalam menikmati tayangan televisi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Roland Barthes Iklan Layanan Masyarakat en_US
dc.title Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Migrasi Ke Tv Digital “Pasti Cling” Di Channel Youtube Zonatipi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account