Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan layanan masyarakat "Pasti Cling" 
yang diproduksi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja 
sama dengan stasiun televisi Indosiar.. Metode penelitian yang digunakan dalam 
penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes, yang mengkaji makna 
dalam iklan berdasarkan dua tingkat tanda, yaitu denotatif dan konotatif. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa iklan ini menggambarkan perbedaan kualitas antara 
TV analog dan TV digital melalui representasi visual dan ekspresi emosional para 
tokohnya. Pada level denotatif, iklan memperlihatkan kesulitan yang dialami 
pengguna TV analog serta perbaikan kualitas gambar dan suara setelah beralih ke 
TV digital. Sementara itu, pada level konotatif, iklan ini menyampaikan pesan 
bahwa TV digital adalah simbol kemajuan teknologi yang meningkatkan 
kenyamanan dan keharmonisan keluarga dalam menikmati tayangan televisi.