Abstract:
Penelitian ini membahas komunikasi organisasi Pengadilan Negeri Medan melalui 
program Sarasehan Interaktif dan dampaknya terhadap kinerja pegawai. Latar 
belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman pegawai terhadap prosedur 
kerja, regulasi, serta kurang optimalnya koordinasi dan motivasi kerja yang dapat 
memengaruhi kinerja pegawai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan 
Komunikasi Organisasi Pengadilan Negeri Medan Melalui Program Serasehan 
Interaktif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Penelitian ini menggunakan 
Teori Komunikasi Organisasi dan Kinerja Pegawai. Metode penelitian yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan 
data yang digunakan Wawancara Mendalam (In-Depth Interview), Observasi dan 
Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, 
menganalisis, mengolah, mengatur, dan menyusunnya, kemudian menarik 
kesimpulan dari hasil penelitian secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan 
bahwa sarasehan interaktif efektif dalam meningkatkan komunikasi organisasi, 
membangun kebersamaan, serta meningkatkan motivasi dan pemahaman pegawai 
terhadap prosedur kerja. Dampaknya, kinerja pegawai mengalami peningkatan 
pada aspek kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, dan 
pencapaian target. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program sarasehan 
interaktif merupakan strategi komunikasi yang efektif dalam mendukung 
peningkatan kinerja pegawai di Pengadilan Negeri Medan.