| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa Kelas XI pada
mata pelajaran PPKn yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay
Two Stray, Bagaimana hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran PPKn yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray, dan Pengaruh
model pembelajaran kooperatif two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas XI di Mas Aisyiyah
Medan.Jenis Penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan rancangan kelompok one
group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah 14 siswa kelas XI.Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
adanya adanya peningkatan sigbnifikan pada hasil belajar siswa setelah mengunakan model
pembelajaran kooperatif two stay two stray. Nilai rata-rata prets sebesar 50,9 meningkat
menjadi 81,5 pada posttest. Hasil uji-t menujukkan nilai thitung = 11,42 lebih besar dari
ttabel = 2,046 pada taraf signisikansi 0,05, yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Dengan
demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif
two stay two stray terhadapa hasil belajar siswa.
Model pembelajaran kooperatif two stay two stray terbukti mampu menciptakan suasana
belajar yang aktif dan menyenangkan serta mendorong kolaborasi antar siswa dalam
memahami materi. |
en_US |