| dc.description.abstract |
Pembelajaram adalah suatu proses interaksi antara siswa dan guru
dilingkungan sekolah. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganeegaraan
yang memerhatikan berbagai elemen pengajaran secara efektif, mencakup tujuan,
materi, aktivitas belajar, metode, alat sumber dan evaluasi akan mendukung
lingkungan belajar yang terus menerus mengembangkan tiga kompetensi
fundamental yang seharusnya dimiliki oleh perserta didik. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui faktor faktor pendukung dan penghambat serta
bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas X MAS
Muhammadiyah 01 Medan.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas penelitian tindakan kelas
adalah penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi
diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar
siswa jadi meningkat.Hasil dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa meningkat,
penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam materi HAM dengan
menggunakan metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada saat Pra tindakan rata rata 65%
siswa yang tuntas hanya 13 orang, siklus I sudah meningkat mendapatkan nilai rata
rata 80% dengan ketuntasan 16 siswa dan pada siklus II nilai rata rata kelas
mencapai tingkat 85% ketuntasan siswa 17 orang. |
en_US |