Research Repository

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG

Show simple item record

dc.contributor.author TUSADIAH, HALIMAH
dc.date.accessioned 2025-10-28T07:25:46Z
dc.date.available 2025-10-28T07:25:46Z
dc.date.issued 2025-09-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29457
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelompok bimbingan Pusat Bimbingan Kepong berhasil dalam meningkatkan efikasi diri anak-anak sekolah dasar di kelas tiga. Efikasi diri seseorang dapat didefinisikan sebagai kepercayaan diri mereka dalam kemampuan mereka sendiri untuk menyelesaikan tugas atau menghadapi situasi yang menantang. Dengan menggunakan desain kuasi-eksperimental satu kelompok pretes-postes, penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Sepuluh siswa kelas tiga, berkisar usia delapan hingga sembilan tahun, yang menjadi bagian dari kelompok bimbingan Pusat Bimbingan Kepong selama tahun ajaran 2024-2025 membentuk populasi penelitian. Pengambilan sampel jenuh atau pengambilan sampel keseluruhan adalah metode yang digunakan untuk proses pengambilan sampel. Instrumen penelitian disesuaikan dengan sifat-sifat khusus murid sekolah dasar dan memanfaatkan skala efikasi diri yang tervalidasi. Untuk penelitian ini, kami menggunakan uji-t sampel berpasangan untuk membandingkan tingkat efikasi diri peserta sebelum dan 9 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 10 Nomor 03, September 2025 sesudah mereka berpartisipasi dalam kelompok pendukung. Setelah mengikuti kelompok konseling, efikasi diri siswa meningkat secara signifikan (nilai t = 8,456; p < 0,05), menurut data. Rata-rata skor efikasi diri meningkat secara signifikan, dari terendah 45,2 menjadi tertinggi 68,8. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar dapat memperoleh manfaat dari penggunaan kelompok konseling sebagai intervensi alternatif untuk program konseling dan bimbingan tradisional, karena kelompok konseling dan bimbingan mampu meningkatkan efikasi diri siswa dengan baik. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Bimbingan kelompok en_US
dc.subject efikasi diri en_US
dc.title EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account