Abstract:
Metode Tawazun adalah pendekatan pembelajaran untuk menghafal Al
Qur'an yang menyeimbangkan antara hafalan baru (ziyadah), ulangan harian, dan
penguatan hafalan lama secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan
untuk menentukan implementasi Metode Tawazun, faktor-faktor pendukung dan
penghambatnya, serta dampaknya terhadap kualitas hafalan di kalangan siswa di
Ma'had Tahfizhul Qur'an Miftahul Jannah Medan. Studi ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dikumpulkan
melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh dan siswa, serta
dokumentasi program hafalan. Data sekunder diperoleh dari arsip program dan
referensi terkait.
Hasil studi menunjukkan bahwa metode Tawazun memainkan peran penting
dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa. Siswa menjadi lebih konsisten dalam
menambahkan hafalan baru sambil mempertahankan hafalan lama, sehingga
tercapai keseimbangan antara kuantitas dan kualitas hafalan. Program pemantauan
harian dan evaluasi berkala memperkuat efektivitas metode ini. Namun, terdapat
tantangan seperti perbedaan kemampuan hafalan siswa dan keterbatasan waktu.
Secara keseluruhan, metode Tawazun terbukti efektif dalam mengoptimalkan
hafalan Al-Qur'an siswa dan relevan untuk diterapkan di lembaga hafalan lainnya.